Selamatkan Stadion di INDONESIA

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah dan menghormati jasa para pahlawannya…

Menghargai sejarah dan menghormati jasa para pahlawan…
Kali ini saya akan menyoroti tempat bersejarah bagi sepak bola Indonesia khususnya di Jakarta yaitu stadion.

Mungkin sebagian dari pembaca sudah tahu, atau mungkin pun ada yang belum tahu. Yah, stadion Union Makes Strenght atau lebih dikenal dengan sebutan stadion UMS yang terletak di Jakarta Barat ini adalah salah satu stadion bersejarah yang di miliki Indonesia. Dari stadion legendaris ini telah lahir dengan nyata para pemain Nasional seperti assisten pelatih TimNasional Indonesia sekarang yaitu Widodo C Putro, Edy Wahyudi, Sony Kurniawan dan lainnya. Tidak bisa di pungkiri bila stadion ini sangat bersejarah bagi sepak bola Indonesia. Stadion UMS sendiri sekarang beroprasi sebagai lapangan sekolah sepak bola yang mengasah bibit-bibit muda yang kelak diharapkan seperti para seniornya dahulu, namun sekarang semua ini hanya kenangan jika stadion UMS di gusur. Menurut pemberitaan, Stadion UMS digusur karena adanya sengketa tanah. Miris rasanya sejak 15 Desember 1905 Stadion ini berdiridan harus hilang dengan hitungan jam saja…!!!

Lain stadion UMS lain juga persoalan yang kini menerpa Stadion Lebak Bulus. Mungkin kabar akan digusurnya stadion Lebak Bulus ini masih hangat-hangatnya di telinga kita. Stadion yang terletak di daerah Jakarta Selatan ini selain bersejarah bagi TimNas Indonesia, stadion ini pun sangat bersejarah bagi tim asal Ibu Kota, PERSIJA JAKARTA. Bagi timnas stadion ini mungkin asing lagi, dahulu Lebak Bulus sering dijadikan sebagai Home TimNasional entah di pertandingan persahabatan ataupun pertandingan resmi Internasional, bahkan belum lama ini pada ajang U-19/U-14 (mohon di koreksi jika salah) turnamen tersebut masih di langsungkan di Stadion Lebak Bulus. Tidak jauh berbeda dengan TimNasional, Persija Jakarta pun memiliki rentetan sejarah yang terukir di stadion Lebak Bulus. Sebelum menjadikan Gelora Bung Karno sebagai Home, tim macan kemayoran menjadikan Lebak Bulus sebagai markasnya. Stadion ini sangat menyatu dengan Persija maupun The Jak Mania , salah seorang pemain nasional pun mengakui keangkeran stadion ini bagi tim tamu yang akan bertanding di sini. Penggusuran stadion ini sendiri dialasankan untuk dialihfungsi menjadi jalur Mass Raoid Transit (MRT)

Selain stadion UMS dan Lebak Bulus yang terancam, jauh sebelumnya Stadion Ikada dan Menteng terlah menjadi korban penggusuran. Saya yakin betapa sakit hatinya mereka para pendiri ataupun mantan pemain yang pernah merumput di stadion tersebut.

Mereka boleh menjanjikan kelak “pasti” di ganti dengan stadion lain, namun apakah janji manis dimulut tersebut akan terealisasikan dengan nyata..? Apakah kami hanya akan terus menjadi korban obral janji kosong…?

Seandainya pun stadion-stadion ini kelak dig anti, namun sejarah didalamnya tidak akan bisa terganti…!!!

Saya rasa sudah cukup penggusuran stadion di Indonesia. Di balik paceklik lahan kosong untuk anak kota bermain bola kini stadion yang telah ada dengan mudah dihancurkan..! Bahkan stadion kini tak digunakan semestinya, semua acara dapat di lakukan di stadion mulai dari agenda kenegaraan, konser musik sampai kampanye partai polik…

Ikada, Menteng, UMS, Lebak Bulus tidak menutup kemungkinan GBK menjadi korban dan ibu kota tanpa lapangan sepak bola…!

Selamatkan Stadion di INDONESIA, karena stadion pun merupakan tempat bersejarah bagi sepak bola INDONESIA…!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s