Tidakkah kalian tahu, mereka pun ingin seperti kita.

Kesal, jengkel, dongkol dan ingin rasanya memaki mereka.

Saya mamang orang baru di dunia persupporteran ini.
Mungkin saya tidak ada apa-apanya sama sekali dibandingan kesenioran mereka di dunia dukung mendukung dalam sepakbola Indonesia.

Tapi jujur, sesenior apa pun mereka. Seberpengalaman apapun mereka. Sepenting apa pun mereka, bagi saya mereka menjadi noda hari ini untuk sepakbola Indonesia terutama dalam pertandingan sore ini antara Persija vs persiwa.

Kalo bicara soal wasit, mungkin tidak akan habisnya.
Kita pun bisa menilai sendiri bagaimana wasit-wasit yang berkiprah sebagai pengadil di dalam lapangan.
Seperti artikel sebelumnya yang berjudul ‘wasit oh wasit pengadil yang tak adil’ mau sekontroversi apapun keputusannya kita tidak bisa memberontak ataupun menghakimi wasit tersebut. Karena pada nyatanya ia memiliki mutlak, keputusan nya tidak dapat di ganggu gugat.

Bercermin dari pertandingan-pertandingan sebelumnya. Memanglah wasit tidak ada yang sempurna dalam mengambil sebuah keputusan, maka tak jarang kinerja wasit di dalam lapangan memicu
kericuhan di suatu pertandingan.

Disini saya bukan membela wasit ataupun tim yang saya dukung dan menyudutkan kelompok lain, tapi kepada bentuk kekecewaan saya atas apa yang terjadi mala ini. Sore ini tim yang saya dukung pun beberapa kali di rugikan oleh kepemimpinan wasit, bahkan bukan pertandingan ini saja tetapi beberapa pertandingan sebelumnya.

Tapi disini kita sebagai supporter di harapakan berfikir cerdas. Memang di butuhkan sedikit mata netral untuk melihat kepemimpinan wasit, jangan seolah hanya karena di situ ada tim yang kita dukung saja. Kita di tuntut untuk melihat dan berfikir secara objektif.

Seperti yang teman-teman ketahui pada laga ini Persija menerima hadia penalty karena pemain persiwa menyentuh bola dengan tangan kirinya. Ini lah yang memicu terjadinya sedikit ‘keributan’ di dalam stadion.

Memang bola pun sempat menyentuh tangan ramdani, namun bola tersebut terlebih dahulu menyentuh tangan pemain persiwa di dalam kotak penalty. Terlepas keadaan tangan yang on/off , terlepas statement komentator yang mengatakan ‘keputusan wasit benar harus di beri penalty’, alangkah lebih baik dan bijaksananya ketika para rekan-rekan supporter persiwa bisa menerima keputusan wasit tanpa harus turun kelapangan mengejar wasit dan pemain persija.

MEMALUKAN!!!
Apakah kehadiran kalian di dalam lapangan termotivasi untuk melakukan hal-hal seperti itu? Saya rasa tidak! Kalian orang-orang tua yang lebih mengerti,dewasa dan seharusnya lebih bisa mengotrol emosional.

Kalau pun keputusan wasit salah, alangkah lebih baiknya ini di laporkan ke komdis agar wasit tersebut di jatuhkan hukuman kalo memang terbukti bersalah tanpa harus beriskap bagai orang tak berpendidikan.!

Saya tau wamena – jogja itu tidak dekat. Dan tentunya semua supporter mengharapkan kemenangan untuk timnya. Namun apakah kalian masih ingat dan tahu tata krama???
Ini sepakbola! Ini olahraga!
Rasanya kurang fair ketika kita menuntut pemain untuk bermain sportive namun kita sendiri memincangi arti kata supportivitas.

Kalian mungkin adalah orang-orang yang beruntung, bisa hadir langsung ke stadion mendukung tim tercinta. Namun apakah kalian tidak tahu di luar sana banyak orang yang memiliki kesungguhan untuk dapat hadir langsung ke stadion namun tidak di izinkan semata-mata hanya karena alasan ‘takut rusuh’.!

Kalian tidak tahu betapa hasrat yang mereka pendam sampai saat ini.
Mereka hanya bisa lagi-lagi ‘mendengar’ perkataan orang tentang meriahnya tribune.
Mereka hanya bisa tertunduk lesu ketika pengizinan mereka ke stadion di tolak mentah-mentah oleh orang tuanya.
Mereka hanya bisa pasrah ketika lagi dan lagi kerusuhan di dalam stadion kembali terekspos di media.
Karena mereka akan tahu, mimpi untuk bisa menginjakan kaki ke tribune akan semakin panjang.

Sebesar apa cinta kita kepada tim.
Sebesar apa ambisi kita untuk tim kita menang.
Kita harus tetap sadar, ini adalah sepakbola!
Dan bola masih berbentuk bulat.
Hanya ada 3 pilihan, MENANG SERI atau KALAH

Tidakkah kalian tahu, mereka pun ingin seperti kita, bisa hadir di stadion.
Jadilah supporter yang cerdas!
Karena apa yang kita perbuat hari ini, berpengaruh besar untuk masa depan sepakbola Indonesia

Numpang promosi dikit yah.🙂
Saya lagi ikut lomba karya tulis nih, dan saya membutuhkan vote anda.
Silahkan ke klik di sini > http://jakonline.asia/cinta-persija-dari-hati <
Di bawah artikel pilih like (via FB) / share (via Twitter) / G+
Bantu promosi juga bole😀

Posted with WordPress for BlackBerry.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s