Perempuan sepakbola, kenapa dianggap ‘aneh’?

Sepakbola, olahraga dengan ragam penggemar di dalamnya. Umur, gender, social, dan segala perbedaannya yang seolah tak berarti ketika di satukan atas nama kebanggan sebuah tim. Demam sepakbola bukan hanya dirasakan di Negara-negara besar saja. Demam sepakbola kini telah menjangkit masyarakat Indonesia, mulai dari yang fanatik sampai yang tak mau dianggap tertinggal jaman.

Perempuan di sepakbola bukanlah hal yang langkah lagi. Sepakbola Indonesia kini tak asing lagi jika di jumpai paras wajah srikandi di dalamnya. Mulai dari penggurus dan para supporter. Kami(perempuan sepakbola) bukan sekedar mengejar predikat agar tidak di anggap tertinggal jaman. Rasa bangga, kekeluargaan, dan arti kehidupan yang kami peroleh dari lingkungan ini membuat kami susah untuk meninggalkannya.

Banyak cibiran, sinisan, dan anggapan tak mengenakan tertuju bagi kami. Pertanyaan-pertanyaan yang terkadang lebih cocok disebut sebagai ‘judge’, dan pandanga-pandangan aroganisme yang melekat kepada kami semata karena kami supporter bola. Perempuan sepakbola seutuhnya sama seperti perempuan-perempuan di dunia lainnya. Tidak ada yang membedakan antara kami dan kalian. Memang lingkungan kita berbeda, namun akankah selamanya perempuan sepakbola dianggap arogan dan aneh?

Nyatanya peran perempuan di sepakbola sudah lama ada, namun sayangnya ekspose dari lingkungan luar yang terkadang seolah tak mau tahu. Mereka akan lebih tertarik dengan pemberitaan negatif tentang kelompok kami dan seoalah menutup mata untuk hal yang lain. Keberadaan kami seolah tak ada perannya, namun ketika kami terjun ke lingkungan langsung anggapan aneh akan tertuju kepada kami.

Memang tidak semua dan selamanya orang melihat kami aneh, ada beberapa yang mungkin memandang kami kagum atau dari segi positif nya. Semoga pandangan positif ini dapat memperbarui mereka yang selalu beranggapan negatif kepada kami.

Perempuan sepakbola, kiranya tidak ada yang berbeda dan hal aneh yang kami miliki. Namun berbagai pandangan yang mempengaruhi pola pikir yang terkadang bukan pada hal postif namun lebih kearah negatif. Kami sama seperti perempuan lainnya, dan stop memandang kami aneh.😀

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s