Sudahkah Merdeka

Sudah merdekakah kita para penikmat sepakbola Indonesia?
Sudah merdekakah kita para suporter tim lokal?
Sudah merdekakah kita diantara seruan kemerdekaan di bulan Agustus ini?

Kita terlahir disebuah Negara bernama Indonesia, bangsa yang besar dengan penduduk yang terkenal ramah. Sebentar lagi Negri yang kita cintai ini akan memperingati 69 tahun kemerdekaanya. Sebuah kata merdeka yang merubah kehidupan bangsa ini.

Merdeka! Setiap orang dapat memaknai kata ini dari sudut pandangnya masing-masing. Entah dari kaca mata kenegaraan, agama, pendidikan, sampai pada olahraga bernama sepakbola. Sudahkah kita merdeka di tanah air yang sudah meredeka?

Liga Indonesia memang tak seindah liga-liga papan atas diluar sana. Liga Indonesia memang terlihat tak ramah. Liga Indonesia memang tidak sepamor liga Inggris. Lantas inikah menjadi alasan liga Indonesia terjajah oleh liga lain di Negaranya sendiri?

Kesampingkan dulu masalah citra suporter dan petinggi sepakbola negri ini. Bukankah sebagaimana kita memperbaikinya itu sama saja? Pandangan kalian seolah sudah terseting negatif kepada kita. Masalah hanya satu, kalian ada di negri ini bersama kita. Kalian dapat memantau kita senantiasa tapi tidak untuk mereka yang di Negara lain.

Kita terjajah oleh ketakutan kalian.
Kita terjajah oleh kekuasaan kalian.
Kita terjajah di Negara kita atas nama kemerdekaan.
Kita terjajah tak bisa melihat tim kebanggan kita bertanding.
Kita terjajah atas perizinan yang membuat kita harus pergi dari daerah kita.

Bukankah menjadi pertanyaan besar ketika tim dari luar sana, dengan mudah mendapatkan izin pertandingan, tapi tidak untuk tim lokalnya? Ya, tim lokal yang harusnya menjadi tuan rumah di Negaranya, tapi lebih dipersulit dibandingankan yang lain.

Masalah uang atau masalah keamanan?
Ya jujur saja jika berkata tentang uang kita memang kalah dibandingan tim besar yang sedang bertamu itu. Namun untuk masalah keamanan bukankah sudah ada pembuktian dibeberapa pertandingan home belakangan ini?

Lantas sudah merdekakah kita para penikmat sepakbola Indonesia?
Negri kita tercinta ini memang sudah dalam status merdeka, tapi status saja tidak cukup.

Satu respons untuk “Sudahkah Merdeka

  1. Tidak banyak yang sadar akan semua hal tentang sepakbola Indonesia ketika semua telah berbeda barulah mereka tergerak untuk menyimak, memperhatikan bahkan mengamati.
    Tetap yang terpenting adalah PERSIJA

Tinggalkan komentar